IKM Centra Kelapa Resang Siap Produksi Minyak Kelapa - ihand.id | Informasi Harian Andalan Indonesia    

IKM Centra Kelapa Resang Siap Produksi Minyak Kelapa

 IKM Centra Kelapa Resang Siap Produksi Minyak Kelapa

Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng di Masyarakat

Ihand.id – ADV- Pemerintah Kabupaten Lingga terus gencar meningkatkan perekonomian masyarakat Lingga.

Saat ini, Bupati dan Wakil Bupati Lingga M. Nizar dan Neko Wesha Pawelloy tengah menggeliatkan IKM Sentra Kelapa di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga.

Nizar mengatakan, dengan adanya kerjasama pihak Koperasi Selingsing Jaya Mandiri dengan pemerintah Kabupaten Lingga melalui Disperindagkop, sentra ini telah mengeluarkan hasil produksi yang dijual keluar negeri.

“Alhamdulillah dengan aktifnya kembali Selingsing Jaya Mandiri ini mampu menghasilkan produk yang dijual ke luar negeri, dimana pelepasan produksi dilakukan pada tanggal 21-25 Maret 2022 lalu,” kata Nizar.

Direncanakan pada Mei mendatang akan dilakukan MoU dengan BUMD agar dapat diprioritaskan untuk PAD kabupaten Lingga.

“Saya bangga dan hari ini, kepada Camat dan Kades yang ada di Kecamatan Singkep Selatan. Dan insyaallah, dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan lagi pelepasan 1 ton minyak mentah kelapa dengan harga 1 liter Rp 22.000 dengan merk Remala,” ujarnya.

Begitu juga terkait pembangunan lain, akan terus diupayakan menyusul tahun 2023.

“Mudah-mudahan, dengan rencana pembangunan ditahun 2022 ini, dengan rencana-rencana pembangunan ditahun-tahun depan dipermudahkan dan ibadah puasa yang sedang dijalani dibulan suci ramadhan ini, mendapatkan berkah dan pahala Allah SWT,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Desa Marok Kecil, Rusdi mengucapkan terimakasih atas upaya pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah, terutama terhadap desa yang dia pimpin.

“Masih banyak yang harus dibangun boleh pemerintah daerah, ada 75 desa. Tapi alhamdulilah, Marok Kecil sangat diprioritaskan,” tuturnya.

Launching Perdana Hasil produksi Sentra Industri Kecil Menengah

Pemerintah Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu melaunching perdana hasil produksi sentra industri kecil menengah kelapa yang berada di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan.

Baca Juga:  Bupati Lingga Dukung Upaya Pelestarian Tempat Wisata

Namun launching tersebut dilaksanakan di Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, sebab disejalankan dengan kegiatan pembagian sertifikat gratis kepada masyarakat pesisir.

Dikatakan Nizar, sejauh ini beberapa produksi hasil olahan sentra IKM kelapa di Desa Resang sudah dikirim dan akan dijual ke China dan beberapa daerah yang ada di dalam negeri.

“Hari ini akan langsung dikirim dan nantinya akan dijual ke negara China serta beberapa daerah yang ada di dalam negeri,” kata Nizar, Selasa (12/4/2022)

Nizar meminta kepada sentra IKM kelapa juga dapat memperhatikan kebutuhan lokal secara maksimal salah satunya minyak kemasan atau minyak goreng kelapa.

“Jadi untuk kebutuhan di Lingga juga harus di perhatikan secara maksimal salah satunya minyak goreng kelapa ini,” jelasnya.

Untuk diketahui sentra IKM kelapa yang berada di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan ini sudah berjalan selama tiga bulan.

“Dan sebanyak 40 warga lokal ikut dilibatkan dalam industri kecil menengah tersebut,” ujar Bupati Lingga

Nizar berharap sentra IKM kelapa ini dapat terus berkembang dan bisa memberikan dorongan bagi pendapatan asli daerah Kabupaten Lingga.

“Tentu kita harapkan sentra ini dapat berkembang serta mampu mendorong PAD Lingga,” tuturnya.

Upayakan Stok Bahan Baku Di Sentra IKM Kelapa Tercukupi

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *