SP4N LAPOR Jadi Harapan Baru Tingkatkan Kualitas Layanan Publik di Lingga

Avatar photo

- Jurnalis

Kamis, 17 Juli 2025 - 18:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SP4N LAPOR | f. Diskominfo Lingga

SP4N LAPOR | f. Diskominfo Lingga

Sejak 2021, Pemkab Lingga telah aktif mensosialisasikan layanan pengaduan nasional SP4N LAPOR. Meski belum maksimal, sistem ini jadi jembatan aspirasi rakyat dalam mengawasi kinerja instansi pemerintah.

Ihand.id – Lingga – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) meluncurkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) sebagai wadah resmi masyarakat untuk menyampaikan laporan, aspirasi, maupun pengaduan terhadap pelayanan publik.

Menanggapi inisiatif tersebut, Pemerintah Kabupaten Lingga menyatakan dukungan penuh dan telah aktif menjalankan program ini sejak Juni 2021.

Langkah awal dimulai dengan sosialisasi secara bertahap ke berbagai instansi pemerintah daerah hingga ke masyarakat luas.

Meski pelaksanaannya belum berjalan secara maksimal, Pemkab Lingga tetap berkomitmen menjaga keberlanjutan program ini demi mendorong transparansi, akuntabilitas, dan perbaikan layanan publik di wilayahnya.

“SP4N LAPOR ini menjadi sarana resmi pemerintah untuk menerima keluhan, kritik, atau masukan dari masyarakat terhadap pelayanan publik yang ada di daerah maupun pusat,” ujar Ika Sartika, Analis Kebijakan Ahli Muda dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga, Kamis, 17 Juli 2025.

Baca Juga:  Titik Balik Ribuan Honorer Lingga: 1.158 Orang Resmi Diangkat Jadi PPPK

Ika menjelaskan bahwa masyarakat dapat menggunakan layanan SP4N LAPOR melalui laman resmi www.lapor.go.id atau dengan mengirimkan SMS ke nomor 1708.

Setiap laporan yang masuk akan diteruskan oleh admin di masing-masing instansi kepada pimpinan untuk segera ditindaklanjuti sesuai dengan konteks pengaduan.

Penulis : Cahyo Aji

Follow WhatsApp Channel ihand.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Korban Desak Transparansi Penyidikan Kasus Investasi Bodong Eks Karyawan BNI Life: Aliran Dana Mengalir Kemana Saja
Bukan PPN, Tapi Pajak Daerah! Bapenda Lingga Luruskan Isu 10 Persen yang Viral di Medsos
Cegah Korupsi di Tingkat Desa, Kejari Lingga Luncurkan Sosialisasi Hukum di Singkep
Rembuk Stunting 2025: Pemkab. Lingga Kerahkan Seluruh Perangkat, Dorong Kearifan Lokal dan Konvergensi Nyata
Gerakan Ayah Antar Anak Sekolah Dari Program GATI BKKBN Bangkitkan Harapan Anak-anak yang Merindukan Kehadiran Ayah
Sentra IKM Kelapa Resang Siap Bangkit: Pemkab Lingga Matangkan Kerja Sama Strategis Pemanfaatan Aset Daerah
Bapenda Lingga Dorong Sinergi Lewat Pajak Hiburan: Bukan Membebani, Tapi Membangun Daerah
Merayakan Syukur di Pelukan Alam: LMG Berkemah di Pantai Dabo Singkep, Satukan Jiwa dan Gaungkan Wisata Lingga
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 17 Juli 2025 - 19:12 WIB

Korban Desak Transparansi Penyidikan Kasus Investasi Bodong Eks Karyawan BNI Life: Aliran Dana Mengalir Kemana Saja

Kamis, 17 Juli 2025 - 18:40 WIB

SP4N LAPOR Jadi Harapan Baru Tingkatkan Kualitas Layanan Publik di Lingga

Kamis, 17 Juli 2025 - 16:30 WIB

Bukan PPN, Tapi Pajak Daerah! Bapenda Lingga Luruskan Isu 10 Persen yang Viral di Medsos

Rabu, 16 Juli 2025 - 16:32 WIB

Cegah Korupsi di Tingkat Desa, Kejari Lingga Luncurkan Sosialisasi Hukum di Singkep

Selasa, 15 Juli 2025 - 12:44 WIB

Rembuk Stunting 2025: Pemkab. Lingga Kerahkan Seluruh Perangkat, Dorong Kearifan Lokal dan Konvergensi Nyata

Berita Terbaru

SP4N LAPOR | f. Diskominfo Lingga

Berita Harian Lingga

SP4N LAPOR Jadi Harapan Baru Tingkatkan Kualitas Layanan Publik di Lingga

Kamis, 17 Jul 2025 - 18:40 WIB