Puskesmas Dabo Lama Gelar Pra Survei Mawas Diri - ihand.id | Informasi Harian Andalan Indonesia    

Puskesmas Dabo Lama Gelar Pra Survei Mawas Diri

 Puskesmas Dabo Lama Gelar Pra Survei Mawas Diri

Ihand.id – Puskesmas Dabo Lama melaksanakan Kegiatan pra SMD (Survei Mawas Diri) yang berlangsung di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Selasa (03/10/2023).

Kegiatan SMD ini bertujuan untuk kesehatan warga Kelurahan Dabo Lama agar lebih mengedepankan kesehatan untuk keluarganya.

Kasubag TU UPT Puskesmas Dabo Lama, Sushenni mengatakan bahwa SMD ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat.

Kegiatan pra SMD Puskesmas Dabo Lama (foto: ist)

“Kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, membuat prioritas masalah dan penyebab masalah sebagai bahan dalam membuat kuesioner SMD,” jelasnya.

Sushenni juga berharap adanya dukungan dari kelurahan dan kader.

“Selain tujuan Pra SMD kami dari UPT PKM Dabo Lama juga memohon dukungan dari pihak Kelurahan dan Kader dalam pelaksanaan Reakreditasi Puskesmas pada awal November nanti,” harapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Lurah Dabo Lama, Harie Kurniawan berpesan agar SMD ini mampu mengidentifikasi permasalahan terkait stunting.

“Selain itu, penyelesaian masalah terutama yang terkait dengan penurunan angka stunting serta DBD di lingkungan tempat tinggal masing-masing, dengan berpola hidup PHBS agar ada kesadaran dari tiap-tiap individu pada keluarga masing-masing akan arti pentingnya sebuah kesehatan baik fisik ataupun mental,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Harie juga menghimbau agar masyarakat mampu mengantisipasi dampak dari kabut asap yang mulai tampak di wilayah Dabo Lama.

“Saat ini, kita perlu menjaga aktivitas anak-anak kita di luar rumah dan para masyarakat yang mengidap penyakit paru-paru, jika ada keluhan bisa menghubungi petugas kesehatan terdekat,” imbaunya.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Anggota Posyandu, perwakilan Puskesmas Dabo Lama yakni, Kasubag TU UPT Puskesmas Dabo Lama, Sushenni, AMK., dan dari pihak Kelurahan di dampingi oleh Seklur dan Kasi Kesos. (Ivntry)

Baca Juga:  Groundbreaking Dermaga Centeng, Bupati Nizar : Tingkatkan Aksesibilitas Warga Desa

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *