Pahlawanku Sepanjang Masa - ihand.id | Informasi Harian Andalan Indonesia    

Pahlawanku Sepanjang Masa

 Pahlawanku Sepanjang Masa

Ihand.🆔 -Hari-hari khusus untuk bangsa Indonesia ada di setiap bulan. hari-hari tersebut ada yang sebagai pengingat peristiwa yang terjadi di Indonesia masa lampau. 10 November Hari Pahlawan merupakan salah satunya. Hari Pahlawan yang diperingati oleh berbagai kalangan masyarakat di tanah air, termasuk juga pelajar. Peringatan mempunyai dampak positif. Masyarakat di tanah air tidak lupa akan para pahlawan yang berjasa bagi Indonesia. Namun, sayang jika hanya sekadar ingat tanpa arti atau tidak mengetahui maksud peringatan tersebut. Seperti halnya peringatan hari jadi seorang teman, jika kita hanya ingat tanpa bertindak apalah artinya.

Dalam rangkaian peristiwa sejarah, dijadikannya 10 November sebagai Hari Pahlawan adalah mengenang perjuangan rakyat Surabaya. Pertempuran 10 November di Surabaya merupakan rangkaian yang paling hebat selama revolusi mempertahankan kemerdekaan. Rangkaian diawali sejak kedatangan pasukan Sekutu tanggal 25 Oktober 1945 yang dipimpin oleh Brigjen A.W.S. Mallaby dan disambut oleh Gubernur Jawa Timur, R.M.R.A.A Soeryo. Sambutan baik itu berganti dengan serangan, ketika Inggris mulai melanggar kesepakatan pada awal kedatangannya. Inggris menduduki kantor pos, pangkalan angkatan laut di Tanjung Perak, gedung Bank Inferio, serta lokasi-lokasi penting lainnya. Kontak senjata pertama dengan Inggris terjadi siang hari pada tanggal 27 Oktober 1945 tersebut, yang kemudian meluas dengan cepat.

Lokasi-lokasi penting berhasil direbut oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1945. Terdesak oleh serangan rakyat Surabaya, A.W.S. Malllaby meminta bantuan kepada May jend D.C. Hawthorn, komandan tentara Inggris di Jawa. Hawthorn lalu menghubungi Presiden Soekarno dan meminta bantuan untuk menyelesaikan pergolakan. Keesokan harinya, Soekarno didampingi Moh.Hatta, Amir Syarifuddin, dan May Jend.D.C. Howthorn tiba di Surabaya.

Baca Juga:  Duta Genre Kepri 2023, Assifa Hanum Salsabila, Serukan Pentingnya Usia Pernikahan Ideal untuk Generasi Muda

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *