Bupati Lingga Berharap Pengurus Dekranasda Mampu Bekerja Maksimal Promosikan Tudong Manto - ihand.id | Informasi Harian Andalan Indonesia    

Bupati Lingga Berharap Pengurus Dekranasda Mampu Bekerja Maksimal Promosikan Tudong Manto

 Bupati Lingga Berharap Pengurus Dekranasda Mampu Bekerja Maksimal Promosikan Tudong Manto

ihand.id / ADV – Setelah dikukuhkan pada tahun lalu Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lingga untuk periode 2021-2024 oleh Ketua Dekranasda Kabupaten, Maratusholiha Nizar di Gedung Nasional, Dabo singkep bupati Lingga M. Nizar berharap akan mampu menjadi mitra pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dibidang kerajinan.

Bupati Lingga M.Nizar dengan adanya Dekranasda. ini diharapkan mampu menjalankan fungsi dalam membantu pemerintah daerah untuk pengembangan dan bisa membuat inovasi-inovasi kreativitas dibidang seni kerajinan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga, Maratusholiha (foto : kominfo) 

Semoga kehadiran Dekranasda bisa mendukung program-program pemerintah daerah di bidang kerajinan seni juga bisa membuat ekonomi masyarakat lebih baik.”kata Bupati Lingga.

Sebagai wadah dari seni kerajinan di daerah, Dekranasda juga mampu menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan program seni kerajinan dan meningkatkan program peningkatan kesejahteraan sumber daya manusia. Menggali dan Membina serta mendorong seni kerajinan memperluas pangsa pasar hasil produksi kerajinan.

Tugas utama Dekranasda adalah meningkatkan Inovasi kreatifitas, serta ketrampilan dibidang seni dan kerajinan. Meningkatkan produktivitas, kemampuan pengrajin melalui pembinaan demi menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata bupati M. Nizar

Dekranasda juga harus bisa membuat menajemen usaha, meningkatkan, mempromosikan hasil produksi dan memfasilitasi bahkan melindungi pengrajin melalui legalitas hukum, berupa hak cipta dan sebagainya.

Proses pembuatan motif tudong manto (foto : ist)

Ada tiga hal yang menjadi PR, untuk segera dituntaskan yakni pengembangan/peningkatan produksi hingga pemasaran Tudong Manto yang telah menjadi Hak Kekayaan Intelektual Kabupaten Lingga. Peningkatan produksi dan promosi Batik Lingga, serta Kain Talepok sebagai warisan budaya kita sebagai Negeri Bunda Tanah Melayu.

Saya berharap kepada Dekranasda, melalui Tudung Manto untuk dapat dikembangkan,ditambahkan, berikan bimbingan dengan baik kepada pengrajin-pengrajin, yang ada dikabupaten Lingga ini” harap dia.

Apalagi Dekranasda tergabung dari orang-orang berpotensi yang berasal dari beberapa OPD-OPD di Kabupaten Lingga. Menurutnya ini cukup layak untuk digantung harapan agar Dekranasda bisa kembali bangkit dan mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah kita.

Baca Juga:  Puskesmas Rejai Dibangun Tahun Ini

“Saya ingin di zaman ini Dekranasda bisa berkontribusi menyumbang PAD, dengan waktu 1-2 tahun sudah bisa membantu menyumbang untuk PAD kita Itu sangat saya harapkan. Apalagi untuk Batik serta Tudung Manto dan Kain Talepok sudah mendapat HAKI,” katanya.

Tudong manto yang siap dipasarkan (foto : ist)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *