Rakor Lintas Sektor Terkait Pelaksanaan PIN Polio 2024, Maratusholiha: Dengan Semangat dan Kerjasama Kita Bisa Mencapai Target 100 % - ihand.id | Informasi Harian Andalan Indonesia    

Rakor Lintas Sektor Terkait Pelaksanaan PIN Polio 2024, Maratusholiha: Dengan Semangat dan Kerjasama Kita Bisa Mencapai Target 100 %

 Rakor Lintas Sektor Terkait Pelaksanaan PIN Polio 2024, Maratusholiha: Dengan Semangat dan Kerjasama Kita Bisa Mencapai Target 100 %

Ihand.id – Lingga – Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha, menghadiri Rapat Koordinasi dengan lintas sektor mengenai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga pada Senin (08/07/2024).

Dalam sambutannya, Maratusholiha menekankan pentingnya semangat dan kerja sama dari semua pihak untuk menyukseskan PIN Polio, sebagaimana semangat yang ditunjukkan dalam kegiatan Intervensi Serentak Stunting beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  KPU Lingga Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Bersama Insan Pers

“Saya yakin dan percaya, mudah-mudahan PIN polio kita ini nanti bisa mencapai 100 persen juga,” ungkapnya optimis.

Sejarah mencatat, pada tahun 2014 Indonesia berhasil melakukan eradikasi polio dan mendapatkan predikat bebas polio dari WHO. Namun, menjelang akhir tahun 2022, tepatnya pada 24 November, ditemukan kasus tiga anak yang terserang virus polio di Kabupaten Pidie, Aceh.

Temuan ini diikuti dengan kasus serupa di Klaten, Pamekasan, Sampang Madura, Sidoarjo, Kabupaten Asmat, Nduga, dan Mimika.

Menanggapi temuan kasus ini, Kementerian Kesehatan RI telah mempelajari dan mengadakan riset untuk memahami penyebab meningkatnya kasus polio di berbagai daerah.

Hasil riset menunjukkan bahwa penyebab utama adalah cakupan vaksinasi polio yang rendah akibat pandemi Covid-19, sanitasi yang buruk, malnutrisi, dan adanya beberapa golongan masyarakat yang menolak vaksin (antivaksin).

Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Lingga, dr. Bukit dalam kesempatan tersebut, menyatakan bahwa kegiatan PIN ini merupakan kegiatan nasional kedua setelah Intervensi Serentak Stunting. Berkat kontribusi semua pihak pada kegiatan Intervensi Serentak Stunting, Kabupaten Lingga berhasil meraih prestasi terbaik I secara nasional.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang baik dari lintas sektor, TNI/Polri, serta teman-teman dari kecamatan dan puskesmas sehingga kegiatan kita kemarin berjalan dengan baik,” ujarnya.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Kepala Dinkes PPKB, Kapolsek Daik, perwakilan OPD, perwakilan Kemenag, camat se-Kabupaten Lingga, kapus, kader setiap kecamatan, serta undangan lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan PIN Polio demi kesehatan dan masa depan anak-anak Indonesia.(ca)Rakor

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *